Guru TK |
Mendeteksi
ciri perkembangan fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar
belakang sosial budaya anak usia 4-6 tahun
1. Seorang
anak yang berusia antara 4-6 tahun, senantiasa melihat yang ada di
sekelilingnya dianggap memiliki jiwa atau anak tersebut belum memahami
perbedaan antara makhluk hidup dan benda mati. Hal ini merupakan cirri dari
sikap anak, yaitu :
a. Fisiognomis
b. Egosentris
c. Relasi
sosial primitif
d. Kesatuan
jasmaniah dan rohaniah
Menganalisa
faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak TK
2. Perkembangan
aspek intelektual dalam diri anak TK diawali dengan perkembangan kemampuan anak
dalam hal :
a. Perkembangan
fisik
b. Mengamati,
melihat hubungan dan memecahkan masalah
c. Pertemanan
yang dilakukan dengan teman sebayanya
d. Peniruan
bunyi dan suara, serta memahami perintah
Memberi
contoh kesulitan anak TK dalam bidang pengembangan nilai-nilai agama dan moral,
fisik, bahasa, dan sosial-emosional.
3. Lina
anak adalah berusia 5 tahun ingin mengambil mainan yang terletak di atas
lemari. Lina mencoba mengambil dengan tangannya, tapi tidak berhasil. Lina mencoba
lagi dengan mengacungkan tangan sambil melompat-lompat, tapi juga tidak
berhasil.
Dari
ilustrasi diatas, kesulitan utama yang dihadapi Lina adalah :
a. Kesulitan
fisik
b. Kesulitan
moral
c. Kesulitan
bahasa
d. Kesulitan
kognitif
Menjelaskan
teori belajar terkait dengan bebrbagai bidang pengembangan di TK/PAUD (Teori
Piaget, Vigotsky, Erikson, Smilansky)
4. Teori
yang menyatakan bahwa proses belajar terjadi pada anak saat berkolaborasi
dengan orang lain atau dilakukan secara individual yang di dalamnya terjadi
proses internalisasi, merupakan pendapat dari :
a. Piaget
b. Vigotsky
c. Erikson
d. Smilansky
Memberikan
contoh aplikasi prinsip belajar dengan
bermain yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan.
5. Beberapa
ahli psikologi anak seperti Rodgers, Erikson, Piaget, Vygotsky, dan Frued
menyampaikan ada beberapa jenis kegiatan bermain yang mendukung pembelajaran
anak, antara lain: bermain fungsional, bermain peran, bermain konstruktif, dan
sebagainya. Yang dimaksud dalam bermain fungsional dalam kegiatan pembelajaran
anak adalah :
a. Anak
belajar melalui panca indera dan fisiknya
b. Anak
belajar melalui imajinasinya
c. Anak
belajar melalui pembuatan bentuk-bentuk yang diinginkannya
d. Anak
belajar melalui kegiatan menulis dan menggambar
Menentukan
strategi pengembangan sesuai dengan bidang pengembangan anak TK.
6. Kegiatan
menari yang dilakukan siswa TK di sekolah merupakan salah satu strategi
pengembangan yang dilakukan oleh seorang guru dalam hubungannya dengan :
a. Strategi
pengembangan seni
b. Strategi
pengembangan bahasa
c. Strategi
pengembangan fisik-motorik
d. Strategi
pengembangan kognitif
Menjelaskan
prinsip-prinsip pengembangan kurikulum TK
7. Berikut
ini, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yang dapat dilakukan seorang guru jika
ingin mengembangkan kurikulum anak TK, kecuali :
a. Prinsip
relevansi
b. Prinsip
kontinuitas
c. Prinsip
kelayakan
d. Prinsip
hakikat
Selamat
mencoba….
(Bang Girsang)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Semua komentar yang bernada menghasut, sara dan memfitnah serta tidak sesuai dengan norma agama dan bangsa akan dihapus.
Komentar menjadi tanggung jawab pembuat komentar, pemilik blog tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut. terima kasih