Senin, 13 Mei 2013

Contoh UKA Guru TK Tahun 2013




Guru TK



Mendeteksi ciri perkembangan fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya anak usia 4-6 tahun

1. Seorang anak yang berusia antara 4-6 tahun, senantiasa melihat yang ada di sekelilingnya dianggap memiliki jiwa atau anak tersebut belum memahami perbedaan antara makhluk hidup dan benda mati. Hal ini merupakan cirri dari sikap anak, yaitu :

a. Fisiognomis
b. Egosentris
c. Relasi sosial primitif
d. Kesatuan jasmaniah dan rohaniah


Menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak TK
2. Perkembangan aspek intelektual dalam diri anak TK diawali dengan perkembangan kemampuan anak dalam hal :

a. Perkembangan fisik
b. Mengamati, melihat hubungan dan memecahkan masalah
c. Pertemanan yang dilakukan dengan teman sebayanya
d. Peniruan bunyi dan suara, serta memahami perintah

Memberi contoh kesulitan anak TK dalam bidang pengembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik, bahasa, dan sosial-emosional.
3. Lina anak adalah berusia 5 tahun ingin mengambil mainan yang terletak di atas lemari. Lina mencoba mengambil dengan tangannya, tapi tidak berhasil. Lina mencoba lagi dengan mengacungkan tangan sambil melompat-lompat, tapi juga tidak berhasil.
Dari ilustrasi diatas, kesulitan utama yang dihadapi Lina adalah :

a. Kesulitan fisik
b. Kesulitan moral
c. Kesulitan bahasa
d. Kesulitan kognitif

Menjelaskan teori belajar terkait dengan bebrbagai bidang pengembangan di TK/PAUD (Teori Piaget, Vigotsky, Erikson, Smilansky)
4. Teori yang menyatakan bahwa proses belajar terjadi pada anak saat berkolaborasi dengan orang lain atau dilakukan secara individual yang di dalamnya terjadi proses internalisasi, merupakan pendapat dari :

a. Piaget
b. Vigotsky
c. Erikson
d. Smilansky

Memberikan contoh  aplikasi prinsip belajar dengan bermain yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan.
5. Beberapa ahli psikologi anak seperti Rodgers, Erikson, Piaget, Vygotsky, dan Frued menyampaikan ada beberapa jenis kegiatan bermain yang mendukung pembelajaran anak, antara lain: bermain fungsional, bermain peran, bermain konstruktif, dan sebagainya. Yang dimaksud dalam bermain fungsional dalam kegiatan pembelajaran anak adalah :

a. Anak belajar melalui panca indera dan fisiknya
b. Anak belajar melalui imajinasinya
c. Anak belajar melalui pembuatan bentuk-bentuk yang diinginkannya
d. Anak belajar melalui kegiatan menulis dan menggambar

Menentukan strategi pengembangan sesuai dengan bidang pengembangan anak TK.
6. Kegiatan menari yang dilakukan siswa TK di sekolah merupakan salah satu strategi pengembangan yang dilakukan oleh seorang guru dalam hubungannya dengan :

a. Strategi pengembangan seni
b. Strategi pengembangan bahasa
c. Strategi pengembangan fisik-motorik
d. Strategi pengembangan kognitif

Menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum TK
7. Berikut ini, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yang dapat dilakukan seorang guru jika ingin mengembangkan kurikulum anak TK, kecuali :

a. Prinsip relevansi
b. Prinsip kontinuitas
c. Prinsip kelayakan
d. Prinsip hakikat

Selamat mencoba….
 

(Bang Girsang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua komentar yang bernada menghasut, sara dan memfitnah serta tidak sesuai dengan norma agama dan bangsa akan dihapus.

Komentar menjadi tanggung jawab pembuat komentar, pemilik blog tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut. terima kasih