Q.1)
|
Menurut Djojonegoro,
Profesionalisme dalam suatu pekerjaan atau jabatan ditentukan oleh tiga
faktor penting di bawah ini, kecuali :
|
A.
|
Memiliki keahlian khusus yang
dipersiapkan oleh program pendidikan keahlian atau spesilaisasi
|
B.
|
Memiliki tujuan yang jelas dalam
berkarir yang tercermin dalam perencanaan yang dibuat untuk masa depannya.
|
C.
|
Kemampuan untuk memperbaiki
kemampuan (keterampilan dan keahlian khusus) yang dimiliki,
|
D.
|
Penghasilan yang memadai sebagai
imbalan terhadap keahlian yang dimiliki itu.
|
Q.2)
|
Guru merupakan suatu profesi yang
artinya suatu jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai
guru. Suatu profesi memiliki persyaratan tertentu seperti dibawah ini,
kecuali :
|
A.
|
menuntut adanya keterampilan yang
mendasarkan pada konsep dan teori ilmu pengetahuan yang mendasar
|
B.
|
menekankan pada suatu keahlian
dalam bidang tertentu sesuai dengan profesinya
|
C.
|
memiliki tingkat pendidikan
setingkat Doktor
|
D.
|
menuntut tingkat pendidikan yang
memadai
|
Q.3)
|
Profesi adalah suatu jabatan atau
pekerjaan yang menuntut keahlian (expertise) para anggotanya. Artinya
pekerjaan itu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak terlatih
dan tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu. Hal ini
termasuk dalam jenis :
|
A.
|
Kompetensi Paedagogik
|
B.
|
Kompetensi Profesional
|
C.
|
Komppetensi Kepribadian
|
D.
|
Kompetensi Sosial
|
Q.4)
|
Guru disyaratkan memiliki sifat
yang jujur, berbudi luhur, dewasa, beriman, bermoral; kemampuan
mengaktualisasikan diri seperti disiplin, tanggung jawab, peka, objekti,
luwes, berwawasan luas, dapat berkomunikasi dengan orang lain. Hal tersebut
termasuk dalam jenis :
|
A.
|
Kompetensi Paedagogik
|
B.
|
Kompetensi Paedagogik
|
C.
|
Komppetensi Kepribadian
|
D.
|
Kompetensi Sosial
|
Q.5)
|
Guru harus memiliki pemahaman akan
sifat, ciri anak didik dan perkembangannya, mengerti beberapa konsep
pendidikan yang berguna untuk membantu siswa, menguasai beberapa metodologi
mengajar yang sesuai dengan bahan dan perkambangan siswa, sertanmenguasai
sistem evaluasi yang tepat dan baik yang pada gilirannya semakin meningkatkan
kemampuan siswa. Hal ini termasuk dalam jenis kompetensi :
|
A.
|
Kompetensi Paedagogik
|
B.
|
Kompetensi Profesional
|
C.
|
Komppetensi Kepribadian
|
D.
|
Kompetensi Sosial
|
Q.6)
|
Guru haruslah memiliki jati diri
sebagai pribadi yang baik, tanggung jawab, terbuka, dan terus mau belajar
untuk maju. Hal ini termasuk jenis kompetensi :
|
A.
|
Kompetensi Paedagogik
|
B.
|
Kompetensi Profesional
|
C.
|
Komppetensi Kepribadian
|
D.
|
Kompetensi Sosial
|
Q.7)
|
Guru wajib memiliki sifat empati
pada orang lain, toleransi pada orang lain, memiliki sikap dan kepribadian
yang positif serta melekat pada setiap kopetensi yang lain, dan mampu bekerja
sama dengan orang lain. Hal tersebut termasuk jenis kompetensi :
|
A.
|
Kompetensi Paedagogik
|
B.
|
Kompetensi Profesional
|
C.
|
Kompetensi Profesional
|
D.
|
Kompetensi Sosial
|
Q.8)
|
Berikut ini termasuk dalam dimensi
kompetensi sosial, kecuali :
|
A.
|
kerja tim, melihat peluang, peran
dalam kegiatan kelompok, tanggung jawab sebagai warga
|
B.
|
kepemimpinan, relawan sosial,
kedewasaan dalam bekreasi, berbagi
|
C.
|
berempati, kepedulian kepada
sesama, toleransi, solusi konflik, menerima perbedaan, kerja sama
|
D.
|
IQ yang tinggi, relasi yang luas
dan berkualitas, manajerial, kepemimpinan
|
Q.9)
|
Menurut laporan dari Jurnal Educational
Leadership edisi Maret 1993, guru profesional dituntut memiliki lima hal.
Tiga diantaranya tersebut dibawah ini, kecuali :
|
A.
|
Guru mempunyai relasi yang luas,
mampu membangun komunikasi dengan profesi lain
|
B.
|
Guru mempunyai komitmen pada siswa
dan proses belajarnya.
|
C.
|
Guru menguasai secara mendalam
bahan/materi pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarkannya kepada
para siswa.
|
D.
|
Guru bertanggung jawab memantau
hasil belajar siswa melalui berbagai teknik evaluasi, mulai cara pengamatan
dalam perilaku siswa sampaites hasil belajar.
Guru bertanggung jawab memantau hasil belajar siswa melalui berbagai teknik evaluasi, mulai cara pengamatan dalam perilaku siswa sampaites hasil belajar. |
Q.10)
|
Standar kompetensi guru terdiri
atas tiga komponen yang saling mengait seperti di bawah ini, kecuali :
|
A.
|
Pengelolaan pembelajaran
|
B.
|
tingkat Kecerdasan yang tinggi
|
C.
|
pengembangan profesi
|
D.
|
penguasaan akademik.
|
Q.11)
|
Prinsip evaluasi meliputi hal-hal
sebagai berikut ini kecuali :
|
A.
|
objektivitas
|
B.
|
kontinuitas
|
C.
|
integritas
|
D.
|
keefektifan
|
Q.12)
|
Ciri-ciri evaluasi yang baik
adalah :
|
A.
|
keefektifan dan efisiensi
|
B.
|
objektifitas dan integritas
|
C.
|
keshahihan dan keandalan
|
D.
|
komprehensif dan kooperatif
|
Q.13)
|
Pernyataan yang benar adalah :
|
A.
|
kedua pernyataan di bawah salah
|
B.
|
kedua pernyataan di bawah salah
|
C.
|
kekurangannya yakni pada patokan
yang digunakan dan hal itu tergantung pada pertimbangan guru yang
bersangkutan
|
D.
|
pernyataan di atas semuanya benar
|
Q.14)
|
Pernyataan yang salah di bawah ini
adalah :
|
A.
|
antara PAP dan PAN, masing-masing
memiliki kelebihan
|
B.
|
antara PAP dan PAN, masing-masing
memiliki kelemahan
|
C.
|
pernyataan keduanya benar
|
D.
|
pernyataan keduanya salah
|
Q.15)
|
Berikut ini pernyataan yang benar
adalah :
|
A.
|
mutu evaluasi bergantung pada mutu
asesmen, termasuk tes dan
pengukuran |
B.
|
mutu evaluasi bergantung pada mutu
asesmen
|
C.
|
mutu evaluasi bergantung pada tes
dan pengukuran
|
D.
|
pernyataan a, b dan c salah
|
Q.16)
|
Berikut ini pernyataan yang benar
adalah :
|
A.
|
tes adalah awal dari evaluasi
|
B.
|
tes adalah bagian dari pengukuran
|
C.
|
tes adalah sebuah instrumen
|
D.
|
ketiga pernyataan benar
|
Q.17)
|
Diantara bentuk soal berikut, mana
yang paling menguntungkan untuk mengukur sasaran yang meminta siswa mengingat
informasi, tidak hanya mengenalinya :
|
A.
|
jawaban pendek
|
B.
|
menjodohkan
|
C.
|
benar salah
|
D.
|
pilihan ganda
|
Q.18)
|
Diantara jenis soal ini, mana yang
paling cocok untuk mengukur perilaku kreatif :
|
A.
|
penilaian produk
|
B.
|
benar salah
|
C.
|
pilihan ganda
|
D.
|
menjodohkan
|
Q.19)
|
Dari jenis soal ini, mana yang
paling dihindari sebagai tes satu soal :
|
A.
|
penilaian produk
|
B.
|
benar salah
|
C.
|
pilihan ganda
|
D.
|
menjodohkan
|
Q.20)
|
Kalau tes sudah dibakukan, maka
tes itu :
|
A.
|
sudah diuji lapangan
|
B.
|
absah
|
C.
|
mahal
|
D.
|
merupakan ukuran bakat
|
Q.21)
|
Aspek-aspek yang menentukan
karakteristik karya tulis, kecuali
|
A.
|
sikap penulis
|
B.
|
panjang tulisan
|
C.
|
struktur sajian
|
D.
|
penggunaan bahasa
|
Q.22)
|
Struktur sajian suatu karya tulis
ilmiah pada umumnya terdiri dari
|
A.
|
pendahuluan, inti (pokok
pembahasan), dan penutup
|
B.
|
pendahuluan, abstrak, bagian inti,
simpulan
|
C.
|
abstrak, pendahuluan, bagian inti,
simpulan
|
D.
|
abstrak, bagian inti, penutup
|
Q.23)
|
Bagian penutup suatu karya tulis
ilmia, pada umumnya menyajikan tentang
|
A.
|
rangkuman dan tindak lanjut
|
B.
|
simpulan umum
|
C.
|
rekomendasi penulis
|
D.
|
simpulan dan saran
|
Q.24)
|
Substansi suatu karya tulis ilmiah
dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang
paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis
ilmiah, kecuali
|
A.
|
pendidikan
|
B.
|
kebudayaan
|
C.
|
pemulung
|
D.
|
informatika
|
Q.25)
|
Dalam karya tulis ilmiah, penulis
bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat
karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
|
A.
|
fakta atau kenyataan
|
B.
|
argumentasi
|
C.
|
teori yang diakui kebenarannya
|
D.
|
data empirik/hasil penelitian
|
Q.26)
|
Keobyektifan penulis karya tulis
ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
|
A.
|
resmi
|
B.
|
baku
|
C.
|
impersonal
|
D.
|
personal
|
Q.27)
|
Komponen suatu karya tulis ilmiah
bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya,
namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
|
A.
|
daftar pustaka
|
B.
|
abstrak
|
C.
|
daftar tabel
|
D.
|
lampiran
|
Q.28)
|
Proses komunikasi yang dilakukan
oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai
latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama,
pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
|
A.
|
Heterofil
|
B.
|
Homofil
|
C.
|
Holomofil
|
D.
|
Homogen
|
Q.29)
|
Inovasi merupakan suatu perubahan
baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja,
untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut
dikemukakan oleh . . . .
|
A.
|
Santosa S. Hamidjaja
|
B.
|
Mattew B. Milers
|
C.
|
Sumantri Mulyani
|
D.
|
Rabbin
|
Q.30)
|
Tahap pada saat individu/kelompok
mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi
dikategorikan .................................
|
A.
|
Tahap pengetahuan (kowledge)
|
B.
|
Tahap bujukan (persuasion)
|
C.
|
Tahap pengembalian keputusan
(decision making)
|
D.
|
Tahap implementasi
(implementation)
|
Q.31)
|
Perkembangan motorik adalah....................
|
A.
|
Gerakan yang dilakukan oleh
seluruh tubuh
|
B.
|
Perkembangan dari unsur kematangan
dan pengendalian
gerakan tubuh |
C.
|
Berkembang sejalan dengan
kematangan saraf dan otot
|
D.
|
Hasil pola interaksi yang kompleks
dari berbagai bagian dan
sistem di dalam tubuh yang dikontrol otak |
Q.32)
|
Ada lima pusat kontrol yang
mengatur setiap gerak anak. Salah satunya yaitu bagian yang mengatur
pergerakkan seluruh tubuh dan koordinasi gerakan tubuh, adalah
|
A.
|
Cerebral cortex
|
B.
|
Batang otak
|
C.
|
Cerebellum
|
D.
|
Basal ganglia
|
Q.33)
|
Karakteristik perkembangan motorik
halus anak usia 4-5 tahun
|
A.
|
Menggambar dengan gerakan naik
turun bersambung (seperti
gunung atau bukit) |
B.
|
Menggambar garis lingkaran dan
garis silang (garis tegak dan
datar) |
C.
|
Menggambar garis lurus
|
D.
|
Menggambar coret-coretan
|
Q.34)
|
Karakteristik perkembangan motorik
kasar anak usia 5-6 tahun
|
A.
|
Melompat-lompat dengan kaki
bergantian
|
B.
|
Melompat dengan dua kaki sekaligus
di atas bak/ hamparan
pasir |
C.
|
Melompati parit
|
D.
|
Melompat dengan satu kaki
|
Q.35)
|
Salah satu faktor yang
mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
|
A.
|
Kematangan dan pengendalian
gerakan tubuh
|
B.
|
Melibatkan fungsi-fungsi atau
modalitas otak lainnya
|
C.
|
Keterampilan dan kemampuan
mengingat gerak yang sesuai
dengan urut-urutan tumbuh kembang otak |
D.
|
Sifat dasar genetik termasuk
bentuk tubuh dan kecerdasan
|
Q.36)
|
Perkembangan sosial adalah
|
A.
|
Penerimaan sosial yang sesuai
dengan tuntutan kelompok
|
B.
|
Perolehan kemajuan berperilaku
yang sesuai dengan tuntutan
sosial |
C.
|
Belajar bergaul dengan orang lain
atau anak
|
D.
|
Penyesuaian sosial sebagai anggota
kelompok sosial
|
Q.37)
|
Proses sosialisasi
adalah.................
|
A.
|
Menyesuaikan perilaku dengan
patokan yang dapat diterima
setiap kelompok sosial |
B.
|
Memainkan peran sosial yang dapat
diterima setiap kelompok
sosial |
C.
|
Belajar berperilaku yang dapat
diterima setiap kelompok sosial
|
D.
|
Belajar berperilaku yang dapat
diterima setiap kelompok sosial
|
Q.38)
|
Bagaimanakah gambaran orang yang
sosial?
|
A.
|
Orang yang menginginkan kehadiran
orang lain
|
B.
|
Orang yang kesepian jika berada
seorang diri di suatu tempat
|
C.
|
Orang yang merasa puas semata-mata
karena berada
bersama orang lain |
D.
|
Orang yang perilakunya mecerminkan
keberhasilan dalam
proses sosialisasi |
Q.39)
|
Mengapa keluarga mempunyai peran
penting dalam proses sosialisasi anak?
|
A.
|
Keluarga sebagai lingkungan sosial
pertama kali dan anak
menerima pendidikan pertama dan utama |
B.
|
Keluarga mempunyai kewajiban
mendidik anak-anaknya
|
C.
|
Keluarga mempunyai kewajiban
memberikan kasih sayang kepada
anak-anaknya |
D.
|
Keluarga merupakan kelompok kecil
yang anggota-anggotanya
berinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap |
Q.40)
|
Gaya pengasuhan yang mendorong
anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian
atas tindakannya adalah
|
A.
|
Pengasuhan permissive-indulgent
|
B.
|
Pengasuhan otoritatif
|
C.
|
Pengasuhan permissive-indefferent
|
D.
|
Pengasuhan otoriter
|
Q.41)
|
Emosi menurut Goleman adalah
|
A.
|
Perasaan yang ada dalam diri
seseorang, berupa senang atau
tidak senang, benci atau cinta |
B.
|
Berbagai perasaan yang kuat, yakni
benci, takut, marah, senang
dan sedih |
C.
|
Sebagai perasaan atau afeksi yang
melibatkan suatu campuran
antara gejolak fisiologis dan perilaku yang tidak tampak |
D.
|
Merujuk pada suatu perasaan atau
pikiran-pikiran khasnya
suatu keadaan biologis dan psikologis, serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak |
Q.42)
|
Anak-anak menggunakan emosi untuk
menginformasikan orang lain tentang perasaan dan kebutuhan mereka termasuk
dalam fungsi emosi sebagai
|
A.
|
Pengaturan (regulation)
|
B.
|
Komunikasi (communication)
|
C.
|
Kelangsungan hidup (survival)
|
D.
|
Penyesuaian diri (adaptation)
|
Q.43)
|
Faktor-faktor apakah yang
mempengaruhi perkembangan emosi pada anak
|
A.
|
Faktor keturunan dan lingkungan
|
B.
|
Faktor bawaan dan pendidikan
|
C.
|
Faktor kematangan dan belajar
|
D.
|
Faktor intelektual dan sosial
|
Q.44)
|
Apabila tuntutan dari luar
berlawanan dengan keinginan maka seseorang akan mengalami emosi
|
A.
|
Marah
|
B.
|
Gembira atau senang
|
C.
|
Sedih
|
D.
|
Takut
|
Q.45)
|
Mampu memuji, memberi
semangat, atau menolong anak lain termasuk tugas perkembangan emosi anak
berusia
|
A.
|
5 tahun
|
B.
|
5 tahun 6 bulan
|
C.
|
4 tahun
|
D.
|
4 tahun 6 bulan
|
Q.46)
|
Menurut Jean Piaget, anak yang
membangun kemampuan kognitif melalui interaksi dengan dunia sekitar disebut
|
A.
|
Strukturalisme
|
B.
|
Konstruktivisme
|
C.
|
Behaviorisme
|
D.
|
Progressivisme
|
Q.47)
|
Anak usia taman kanak-kanak berada
pada tahap perkembangan
|
A.
|
Praoperasional
|
B.
|
Formal operasional
|
C.
|
Konkrit operasional
|
D.
|
Sensorimotor
|
Q.48)
|
Proses penyerapan informasi baru
ke dalam informasi yang telah ada di dalam skemata (struktur kognitif) anak
adalah
|
A.
|
Ekuilibrium
|
B.
|
Akomodasi
|
C.
|
Adaptasi
|
D.
|
Asimilasi
|
Q.49)
|
Anak yang sudah mulai dapat
membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebenarnya, berada dalam rentang
usia
|
A.
|
4-5 tahun
|
B.
|
2-3 tahun
|
C.
|
3-4 tahun
|
D.
|
5-6 tahun
|
Q.50)
|
Pembelajaran yang paling tepat
untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun adalah
|
A.
|
Mengajar membaca, menulis dan
berhitung
|
B.
|
Memberi kesempatan pada anak untuk
memperoleh
pengalaman langsung dalam berbagai aktivitas pembelajaran |
C.
|
Memberikan pekerjaan rumah agar
anak dapat belajar di rumah
|
D.
|
Memberi pelajaran sebagai
persiapan masuk sekolah dasar
|
Q.51)
|
Bagaimanakah cara anak memperoleh
bahasa ketika berusia kurang dari satu tahun?
|
A.
|
Mendengarkan orang dewasa
berbicara
|
B.
|
Meniru ucapan orang dewasa
|
C.
|
Memperhatikan muka orang dewasa
dan menanggapi dengan
bahasa mereka |
D.
|
Bermain-main dengan bunyi
(mengoceh)
|
Q.52)
|
Salah satu komponen bahasa yang
menekankan pada penggunaan bahasa dalam konteks komunikatif adalah
|
A.
|
Morfologi
|
B.
|
Fonologi
|
C.
|
Semantik
|
D.
|
Pragmatik
|
Q.53)
|
Semantik sebagai salah satu
komponen bahasa adalah
|
A.
|
Susunan kata, organisasi kalimat,
dan elemen lain suatu kalimat
|
B.
|
Suatu pengertian yang mengacu pada
susunan internal yang
terdapat dalam sebuah kata |
C.
|
Suatu sistem aturan yang mengatur
suatu pengertian atau visi
dari suatu kata atau kombinasi beberapa kata |
D.
|
Berkaitan dengan kaidah yang
membentuk struktur, distribusi
dan urutan ujaran, dan susunan suku kata |
Q.54)
|
Teori yang menyatakan bahwa semua
anak dilahirkan dengan memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa adalah
|
A.
|
Sosiokultural
|
B.
|
Genetik
|
C.
|
Behavioristik
|
D.
|
Konstruktivistik
|
Q.55)
|
Yang tidak termasuk dalam
prinsip-prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice) yang diterapkan
sebagai acuan bagi pembelajaran anak usia dini agar sesuai dengan tahap
perkembangan anak adalah
|
A.
|
Membuat lingkungan yang saling
asuh
|
B.
|
Pembelajaran untuk membantu
perkembangan dan belajar anak
|
C.
|
Menyusun kurikulum yang sesuai
|
D.
|
Memacu perkembangan anak dengan
memberikan pelajaran
baca dan menulis |
Q.56)
|
Yang tidak termasuk kreativitas
adalah
|
A.
|
Kemampuan seseorang untuk
menghasilkan komposisi, produk
atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatannya |
B.
|
Dapat berupa kegiatan imajinatif
sintesis pemikiran yang
hasilnya bukan hanya perangkuman |
C.
|
Cara berpikir yang bersifat
logis/rasional, analitis, konvergen,
teratur, dan linier |
D.
|
Cara berpikir yang bersifat
divergen, intuitif, holistik,
multidimensional, dan human |
Q.57)
|
Salah satu unsur kreativitas
adalah
|
A.
|
Merupakan suatu cara berpikir,
tidak sinonim dengan
kecerdasan yang mencakup kemampuan mental selain berpikir |
B.
|
Mempunyai maksud dan tujuan yang
ditentukan, bukan fantasi
semata |
C.
|
Ditandai oleh banyak (lebih dari
satu) kemungkinan jawaban
dalam menghadapi persoalan |
D.
|
Dapat berbentuk produk seni,
kesusastraan, produk ilmiah, atau
bersifat prosedural/metodologis |
Q.58)
|
Pengembangan kreativitas akan
berhasil jika
|
A.
|
Pelaksanaan pembelajaran pada anak
usia dini berorientasi
pada pelajaran membaca, menulis, dan berhitung, maka fungsi imajinasi pada belahan otak kanan terabaikan |
B.
|
Membebani belahan otak kiri pada
anak dengan tugas-tugas
hafalan dan bersifat akademis |
C.
|
Pembelajaran pada anak usia dini
dilaksankan secara seimbang
dan harmonis dalam mengembangkan kedua belahan otak |
D.
|
Pembelajaran anak usia dini kurang
memberikan kebebasan
|
Q.59)
|
Yang tidak termasuk dalam
karakteristik kepribadian kreatif adalah
|
A.
|
Mempunyai kekuatan energi fisik
yang memungkinkan mereka
bekerja berjam-jam dengan konsentrasi penuh, tetapi juga bisa tenang dan rileks, bergantung pada situasinya |
B.
|
Mempunyai kemampuan untuk melihat
bermacam-macam
kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah |
C.
|
Sangat bersemangat (passionate)
bila menyangkut karya
mereka, tetapi juga sangat objektif dalam penilaian karyanya |
D.
|
Sikap keterbukaan dan sensitivitas
sering membuatnya
menderita jika mendapat banyak kritik dan serangan terhadap hasil jerih payahnya, namun di saat yang sama juga merasakan kegembiraan yang luar biasa |
Q.60)
|
Yang tidak termasuk dalam strategi
empat P dalam pengembangan kreativitas adalah
|
A.
|
Pribadi
|
B.
|
Pendorong
|
C.
|
Proses
|
D.
|
Prosedur
|
Q.61)
|
Berikut ini BUKAN termasuk contoh
perkembangan
|
A.
|
anak mampu berguling kemudian
tengkurap
|
B.
|
anak tumbuh gigi
|
C.
|
anak mampu berlari
|
D.
|
anak memainkan lidah dan meraban
|
Q.62)
|
Berikut ini adalah contoh
implementasi dari tugas perkembangan KECUALI
|
A.
|
anak mencapai berat tubuh ideal
|
B.
|
mengucap salam dengan baik
|
C.
|
anak belajar mengunyah makanan
|
D.
|
anak memegang pensil dengan baik
|
Q.63)
|
Berikut yang pemahaman PALING
mendekati konsep perkembangan sosial adalah
|
A.
|
kesediaan seseorang untuk memberi
sesuatu kepada orang
atau bergotong-royong |
B.
|
kemampuan anak untuk menghafal
nama-nama tokoh
|
C.
|
kemampuan anak berperilaku sesuai
dengan tuntutan
masyarakat |
D.
|
kemampuan anak untuk memberikan
saran kepada temannya
yang minder |
Q.64)
|
Berikut ini adalah contoh
perkembangan individu yang terkait dengan budaya
|
A.
|
anak memegang pensil dengan benar
|
B.
|
anak berjalan di atas titian
secara seimbang
|
C.
|
anak mampu berbicara dengan bahasa
yang halus
|
D.
|
anak mampu menggunakan egrang
|
Q.65)
|
Berikut adalah salah satu contoh
tugas perkembangan sosial di taman kanak-kanak
|
A.
|
anak tidak malu bercerita di depan
kelas
|
B.
|
anak saling bertukar alat main
dengan temannya
|
C.
|
anak mampu mengitung jumlah
temannya yang hadir dan yang
absen |
D.
|
anak mampu menyebutkan anggota
keluarganya
|
Q.66)
|
Salah satu bentuk permainan anak
adalah bermain sejajar, maksudnya adalah
|
A.
|
guru meminta anak bermain
berpasang-pasangan
|
B.
|
guru meminta anak bermain
berhadapan
|
C.
|
anak bermain bersama dan
bekerjasama membuat satu objek
|
D.
|
anak bermain bersama namun tidak
saling kerjasama
|
Q.67)
|
Berikut adalah implementasi metode
pembiasaan dalam pembelajaran kemampuan sosial
|
A.
|
mengucap salam saat bertemu atau
berpisah dengan sesama
teman dan guru |
B.
|
berhitung sebelum memasuki ruang
kelas untuk belajar
|
C.
|
berdoa sebelum memulai aktivitas
|
D.
|
mencuci tangan sebelum makan
bersama
|
Q.68)
|
Hal yang harus diperhatikan dari
sisi guru pada saat akan menggunakan metode bercerita adalah
|
A.
|
jenis cerita
|
B.
|
tema cerita
|
C.
|
penguasaan karakter tokoh cerita
|
D.
|
pengaturan tempat duduk
|
Q.69)
|
Permainan peran yang di dalamnya
guru mempersiapkan skenario disebut
|
A.
|
role-play
|
B.
|
sosiodrama
|
C.
|
drama bebas
|
D.
|
drama terpimpin
|
Q.70)
|
Bahan ajar yang cocok untuk anak
TK pada prinsipnya harus memenuhi beberapa hal, antara lain
|
A.
|
Kompleks
|
B.
|
Abstrak
|
C.
|
Konkret
|
D.
|
Tidak berwarna
|
Q.71)
|
Pemanfaatan berbagai sumber
belajar dalam pembelajaran anak TK memiliki berbagai manfaat, antara lain
|
A.
|
Kegiatan belajar anak menjadi
kurang menarik
|
B.
|
Kegiatan belajar anak tidak
menyenangkan
|
C.
|
Pengetahuan anak tidak bertambah
|
D.
|
Motivasi belajar anak semakin
meninggkat
|
Q.72)
|
Guru tidak perlu mendatangkan
obyek tertentu keruangan kelas karena tidak memungkinkan dari segi
pengadaannya. Pernyataan tersebut sesuai dengan manfaat sumber belajar, yaitu
sumber belajar dapat
|
A.
|
Memberikan informasi yang akurat
dan terbaru
|
B.
|
Memperluas wawasan anak
|
C.
|
Meningkatkan motivasi belajar anak
|
D.
|
Mengatasi keterbatasan ruang,
waktu dan daya indra
|
Q.73)
|
Anak memiliki keinginan dan
semangat belajar yang tinggi, bergairah dengan memanfaatkan berbagai sumber
belajar. Hal tersebut menunjukan bahwa sumber belajar bermanfaat untuk
|
A.
|
Memberikan informasi yang akurat
dan terbaru
|
B.
|
Memperluas wawasan anak
|
C.
|
Memperluas wawasan anak
|
D.
|
Mengatasi keterbatasan ruang,
waktu dan daya indra
|
Q.74)
|
Berikut ini dalah contoh sumber
belajar yang dapat memberikan informasi yang akurat dan terbaru, kecuali
|
A.
|
Buku bacaan
|
B.
|
Majalah untuk anak
|
C.
|
Nara sumber
|
D.
|
Cerita rakyat
|
Q.75)
|
Manakah kegiatan yang paling
mungkin dilakukan oleh guru pada saat ia ingin mengenalkan binatang kepada
anak-anak
|
A.
|
Mendatangkan pawing ular ke kelas
|
B.
|
Mengundang petugas bonbin ke kelas
|
C.
|
Menampilkan berbagai macam
binatang melalui gambar
|
D.
|
Menampilkan berbagai macam
binatang melalui gambar
|
Q.76)
|
Memanfaatkan sumber daya dapat
meningkatkan motivasi belajar anak. Hal tersebut disebabkan anak
|
A.
|
Senang karena gurunya lebih banyak
beristirahat
|
B.
|
Gembira karena gurunya tidak
terlalu banyak mengatur
|
C.
|
Merasa senang karena banyak
pilihan sumber untuk belajar
|
D.
|
Bingung karena sumber belajarnya
terlalu banyak
|
Q.77)
|
Penerima pesan dalam proses
komunikasi pembelajaran di TK disebut
|
A.
|
Communicator
|
B.
|
Communicant
|
C.
|
Messages
|
D.
|
Sources
|
Q.78)
|
Pentingnya media pemberlajaran di
TK terutama dilandasi oleh
|
A.
|
Kecenderunagan anak menyukai
sesuatu yang dapat dilihat
|
B.
|
Lebih mudahnya guru TK dalam
melaksanakan proses
pembelajaran |
C.
|
Kebutuhan anak TK akan pendidikan
yang berkualitas dan
menyenangkan |
D.
|
Perkembangan anak yang berada pada
masa konkret
|
Q.79)
|
Secara harafiah media berarti
|
A.
|
Perantara
Perantara |
B.
|
Sumber pesan
|
C.
|
Penerima pesan
|
D.
|
Metode pembelajaran
|
Q.80)
|
Salah satu nilai yang dimiliki
media pembelajaran, yaitu
|
A.
|
Membuat abstrak konsep-konsep yang
nyata
|
B.
|
Membangkitkan motivasi belajar
anak
|
C.
|
Menumbuhkan individualism anak
dalam belajar
|
D.
|
Mengontrol ketepatan mengajar guru
|
Q.81)
|
Fungsi utama media dalam proses
pembelajaran di TK, yaitu
|
A.
|
Membantu mempermudah guru dalam
melaksanakan
pembelajaran |
B.
|
Memancing perhatian anak dalam
proses pembelajaran
|
C.
|
Mengurangi terjadinya verbalisme
dalam diri siswa
|
D.
|
Sebagai alat bantu guru dalam
mengarahkan anak belajar
|
Q.82)
|
Hasil penelitian lainnya
menunjukan bahwa informasi atau pengetahuan yang paling banyak mengendap
dalam ingatan seseorang, yaitu melalui
|
A.
|
Auditori
|
B.
|
Visualisasi
|
C.
|
Audiovisual
|
D.
|
Audio
|
Q.83)
|
Berikut ini pernyataan mana yang
paling benar
|
A.
|
Peran media dalam proses
pembelajaran di TK, adalah sebagai
alat bantu guru mengajar |
B.
|
Tujuan utama penggunaan media
pembelajaran di TK, adalah
terjadinya proses belajar pada diri anak |
C.
|
Media pembelajaran di TK identik
dengan segala peralatan yang
dugunakan dalam proses pembelajaran |
D.
|
Guru merupakan pihak yang paling
berkepentingan dalam
pemanfaatan media pembelajaran di TK |
Q.84)
|
Media pembelajaran dapat membantu
terjadinya perluasan area of experience guru dan anak, maksudnya ialah
|
A.
|
Guru memiliki daerah pengalaman
yang lebih luas dari pada
anak |
B.
|
Daerah pengalaman guru dan anak
mendekati kesamaan’
|
C.
|
Pengalaman anak menjadi lebih baik
disbanding gurunya
|
D.
|
Anak menjadi lebih banyak
memperoleh pengalaman belajar
|
Q.85)
|
Media pembelajaran merupakan
bagian integral dari keseluruhan proses pembelajaran
|
A.
|
Media pembelajaran meletakkan
dasar-dasar yang konkret
untuk melatih proses berfikir anak |
B.
|
Posisi media pembelajaran saling
terkait dengan komponen
pembelajaran lainnya |
C.
|
Media pembelajaran harus
memungkinkan dapat mempercepat
proses belajar |
D.
|
Media pembelajaran memiliki fungsi
ganda yaitu sebagai alat
bantu pendidikan dan fungsi hiburan |
Q.86)
|
Alat Permainan Edukatif untuk anak
TK dapat didefinisakan sebagai
|
A.
|
Semua alat yang digunakan anak TK
untuk memenuhi
kebutuhan naluri bermainnya |
B.
|
Alat permainan yang sengaja
dirancang untuk kebutuhan
pendidikan |
C.
|
Alat permainan yang dirancang
secara khusus untuk
meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak TK |
D.
|
Alat permainan yang popular di
kalangan anak TK
|
Q.87)
|
APE dapat meningkatkan lebih dari
satu aspek perkembangan, ini adalah ciri APE yang
|
A.
|
Multiguna
|
B.
|
Konstruktif
|
C.
|
Kreatif
|
D.
|
Aman
|
Q.88)
|
Perkembangan sosial adalah
|
A.
|
Penerimaan sosial yang sesuai
dengan tuntutan kelompok
|
B.
|
Perolehan kemajuan berperilaku
yang sesuai dengan tuntutan sosial
|
C.
|
Belajar bergaul dengan orang lain
atau anak
|
D.
|
Penyesuaian sosial sebagai anggota
kelompok sosial
|
Q.89)
|
Proses sosialisasi adalah
|
A.
|
Menyesuaikan perilaku dengan
patokan yang dapat diterima setiap kelompok sosial
|
B.
|
Memainkan peran sosial yang dapat
diterima setiap kelompok sosial
|
C.
|
Belajar berperilaku yang dapat
diterima setiap kelompok sosial
|
D.
|
Belajar berperilaku yang sesuai
dengan standar perilaku yang diterima
|
Q.90)
|
Mengapa
keluarga mempunyai peran
penting dalam proses sosialisasi anak?
|
A.
|
Keluarga sebagai lingkungan sosial
pertama kali dan anak menerima pendidikan pertama dan utama
|
B.
|
Keluarga mempunyai kewajiban
mendidik anak-anaknya
|
C.
|
Keluarga mempunyai kewajiban
memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya
|
D.
|
Keluarga merupakan kelompok kecil
yang anggota-anggotanya berinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap
|
Q.91)
|
Gaya pengasuhan yang mendorong
anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian
atas tindakannya adalah
|
A.
|
Pengasuhan permissive-indulgent
|
B.
|
Pengasuhan otoritatif
|
C.
|
Pengasuhan permissive-indefferent
|
D.
|
Pengasuhan otoriter
|
Q.92)
|
Emosi menurut Goleman adalah
|
A.
|
Perasaan yang ada dalam diri
seseorang, berupa senang atau tidak senang, benci atau cinta
|
B.
|
Berbagai perasaan yang kuat, yakni
benci, takut, marah, senang dan sedih
|
C.
|
Sebagai perasaan atau afeksi yang
melibatkan suatu campuran antara gejolak fisiologis dan perilaku yang tidak
tampak
|
D.
|
Merujuk pada suatu perasaan atau
pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan psikologis, serta
serangkaian kecenderungan untuk bertindak
|
Q.93)
|
Karakteristik perkembangan motorik
halus anak usia 4-5 tahun
|
A.
|
Menggambar dengan gerakan naik
turun bersambung (seperti gunung atau bukit)
|
B.
|
Menggambar garis lingkaran dan
garis silang (garis tegak dan datar)
|
C.
|
Menggambar garis lurus
|
D.
|
Menggambar coret-coretan
|
Q.94)
|
Anak-anak menggunakan emosi untuk
menginformasikan orang lain tentang perasaan dan kebutuhan mereka termasuk
dalam fungsi emosi sebagai
|
A.
|
Pengaturan (regulation)
|
B.
|
Komunikasi (communication)
|
C.
|
Kelangsungan hidup (survival)
|
D.
|
Penyesuaian diri (adaptation)
|
Q.95)
|
Faktor-faktor apakah yang
mempengaruhi perkembangan emosi pada anak
|
A.
|
Faktor keturunan dan lingkungan
|
B.
|
Faktor bawaan dan pendidikan
|
C.
|
Faktor kematangan dan belajar
|
D.
|
Faktor intelektual dan sosial
|
Q.96)
|
Apabila tuntutan dari luar
berlawanan dengan keinginan maka seseorang akan mengalami emosi
|
A.
|
Marah
|
B.
|
Gembira atau senang
|
C.
|
Sedih
|
D.
|
Takut
|
Q.97)
|
Mampu memuji, memberi semangat,
atau menolong anak lain termasuk tugas perkembangan emosi anak berusia
|
A.
|
5 tahun
|
B.
|
5 tahun 6 bulan
|
C.
|
4 tahun
|
D.
|
4 tahun 6 bulan
|
Q.98)
|
Menurut Jean Piaget, anak yang
membangun kemampuan kognitif melalui interaksi dengan dunia sekitar disebut
|
A.
|
Strukturalisme
|
B.
|
Konstruktivisme
|
C.
|
Behaviorisme
|
D.
|
Progressivisme
|
Q.99)
|
Proses penyerapan informasi baru
ke dalam informasi yang telah ada di dalam skemata (struktur kognitif) anak
adalah
|
A.
|
Ekuilibrium
|
B.
|
Akomodasi
|
C.
|
Adaptasi
|
D.
|
Asimilasi
|
Q.100)
|
Anak yang sudah mulai dapat
membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebenarnya, berada dalam rentang
usia
|
A.
|
4-5 tahun
|
B.
|
2-3 tahun
|
C.
|
3-4 tahun
|
D.
|
5-6 tahun
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Semua komentar yang bernada menghasut, sara dan memfitnah serta tidak sesuai dengan norma agama dan bangsa akan dihapus.
Komentar menjadi tanggung jawab pembuat komentar, pemilik blog tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut. terima kasih