Senin, 27 Maret 2017

Banjir Bandang Juga Landa Madina


Panyabungan (BARINGIN) - Akibat tingginya curah hujan yang  mengguyur kabupaten Mandailing Natal mengakibatkan dua daerah dikabupaten tersebut dihantam banjir bandang.

Adapun daerah yang terkena dampak banjir itu adalah kecamatan Bukit Malintang  dan kecamatan Hutabargot. Akibatnya selain merusak ratusan  dan menghanyutkan dua unit mobil juga mengakibatkan seorang warga kecamatan Bukit Malintang  bernama Misbah (80 thn)  meninggal dunia akibat hanyut terbawa arus sungai.

Dari data yang diperoleh dilapangan banjir di kecamatan Bukit Malintang ada tiga desa terkena dampak banjir tersebut yakni desa Malintang, Malintang Jae dan Desa Malintang Julu, sedangkan di kecamatan Hutabargot yang terkena dampaknya adalah desa Simalagi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten Mandailing Natal, Drs.  Irwan Nuh menyampaikan,  banjir bandang yang menghantam tiga desa dikecamatn Bukit Malintang itu terjadi sekitar pukul 21.30 Wib,  sedangkan didesa Simalagi kecamatan Hutabargot terjadi sekitar pukul 22.00 Wib.

“Banjir yang terjadi di kecamatan Bukit Malintang dan kecamatan Hutabargot terjadi diakibatkan oleh  tingginya curah hujan yang melanda wilayah tersebut sehingga membuat sungai Aek Botung dan Aek Simalagi meluap,” ujarnya

Akibat banjir yang melanda dua kecamatan ini selain telah merusak ratusan rumah dan menghanyutkan mobil juga merusak 200 hektar areal persawahan warga

“Untuk kecamatan Bukit Malintang mengakibatkan satu orang korban jiwa, tiga rumah hanyut, 11 rumah rusak berat, 100 rumah rusak ringan dan merusak arela perswahan 200 hektar,” ujarnya.

Sementara akibat banjir yang melanda desa Simalagi kecamatan Hutabargot mengakibatkan satu unit Mck rusak, satu unit warung hanyut, dua unit mobil hanyut, 60 rumah terendam dan 300 warga mengungsi.

Sumber : Antara Sumut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua komentar yang bernada menghasut, sara dan memfitnah serta tidak sesuai dengan norma agama dan bangsa akan dihapus.

Komentar menjadi tanggung jawab pembuat komentar, pemilik blog tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut. terima kasih